[NOTE] Kartu Lebaran de Brongki

 

Lebaran kali ini buat aku cukup berbeda dari lebaran tahun lalu. Kenapa? Karena tahun ini aku nggak mudik. Dan setelah bertahun-tahun lamanya lebaran selalu di luar kota – kebayakan di Jawa Tengah – akhirnya tahun ini aku merasakan berlebaran di Surabaya.

Ternyata rasanya sedikit aneh, mengingat ini adalah Lebaran namun karena tetap di Surabaya maka terasa seperti liburan biasa. Namun tidak mengurangi kekhidmatan Lebaran semuanya berjalan lancar alhamdulillah.

Mulai dari sholat ied, sungkeman dan acara makan opor. Kali ini ada beberapa saudara yang tinggal di Surabaya berkunjung ke rumah. Yang absen tahun ini hanyalah acara nyekar makam. Soalnya memang semua ada di Jawa Tengah.

Dan diantara seluruh berkah Lebaran, ada yang berwujud berupa beberapa teman baru. Salah satunya bernama KIKI. Mungkin ada beberapa dari kalian – yang baca tulisan ini – pernah mendengar namanya.

Kiki ini anak Medan. Punya nama pena Ukwonism dan dikenal sebagai salah satu author Saladbowl – sebuah blog kumpulan fiksi – yang udah cukup lama vakum dikarenakan keterbatasan sinyal, laptop,waktu dan ide.

Namun kami semua lebih suka memanggil KIKI dengan nama kesayangan Brongki alias baby Brontosaurusnya KIKI. Dia yang memilih sendiri nama itu jadi jangan tanya alasanya kenapa.

Nah, pertengahan bulan puasa kemarin, KIKI menghubungi aku dan beberapa temanku yang lain hanya untuk memberi kabar bahwa dia sedang pulang kampung ke Sidikalang.

Sidikalang menurut mbah Wiki adalah nama sebuah Kecamatan di Kabupaten DairiSumatera Utara. Sidikalang yang juga merupakan ibukota Kabupaten Dairi ini secara Geografis berada di barat laut Provinsi Sumatera Utara dengan luas daerah sekitar 191.625 Hektar atau sekitar 2,67% dari luas keseluruhan provinsi Sumatera Utara.

Kata KIKI gampangannya adalah, kalau kalian tahu Danau Toba, itu seberang danau Toba ada perbukitan. Nah di perbukitan paling ujung alias yang paling jauh, nah disitulah Sidikalang berada.

 

IMG-20130813-WA0001-picsay

 

Di tengah-tengah laporannya akan keadaan Sidikalang yang dipercaya sama KIKI berada di salah satu ujung Indonesia, KIKI bilang kalau dia berencana ingin mengirimi kami semua kartu Lebaran.

Kartu Lebaran dengan gambar pemandangan Sidikalang. Jadi kami semua bisa mengerti betapa bagusnya Sidikalang itu.

“Aku akan mengirimkan kalian kartu lebaran buat kakak-kakak sekalian. Buat mengenang masa kejayaan kartu Lebaran. Dan turut serta meramaikan Kantor Pos.”

Kami semua yang notabenenya sudah lama banget nggak lihat penampakan sebuah kartu lebaran, jelas merasa bersemangat. Semacam anak kecil yang diberitahu jika akan mendapatkan kado.Heboh.

“Tapi ternyata kartu Lebaran bergambar Sidikalang itu nggak ada. Adanya gambar biasa. Kartu Pos gambar Sumatera Utara juga nggak ada. Kiki sudah nyari kemana-mana, bahkan di Kantor Posnya sekalipun. Ya ZEUS. Kuharap kakak-kakak bisa sabar.”

Kami semua sih tidak masalah. Toh dikirimin kartu saja sudah senang sekali. Diantara seluruh ucapan berbentuk online ada yang mau susah-susah mengirim fisik kartu ucapan selamat. Ceritanya ini terharu.

Cerita KIKI pun berlanjut tentang makanan wajib di Sidikalang, yaitu rendang kerbau. RENDANG KERBAU. Bukan sapi. Kata KIKI di Sumatera Utara itu rata-rata memang pada lebih suka makan kerbau ketimbang sapi.

Beda banget sama kami semua yang tinggal di pulau jawa. Semuanya pada makan sapi bukan kerbau. Kata KIKI lain kali kalau ada kesempatan dia bakal kirim juga rendang kerbau kering ke rumah kami masing-masing.

Sebenarnya kami semua itu lebih tertarik dengan pancake Durian khas medan daripada rendang kerbau wkwkwkwk. Hanya saja, Durian adalah buah yang dilarang di pesawat.

Jadi pupuslah harapan kami semua untuk bisa makan pancake Durian yang aduhai itu. Kata KIKI kartu lebaran tadi juga permintaan maaf pengganti pancake Durian. Warnanya juga sama-sama hijau.

 

Pancake Durian *droll*
Pancake Durian *droll*

 

Kalau kalian bertanya kenapa yang dibahas dari tadi adalah makanan? Jawabannya karena ini yang nulis adalah aku ._.

DAN AKU SUKA MAKAN HAHAHAHAAHAHAHAHA =_=v

Kembali ke kartu lebaran, akhirnya wujud kartu Lebaran itu menampakkan diri kemarin lusa. Satu hari setelah libur lebaran usai.

Sangat senang dan ternyata isinya juga cukup menghibur, khas KIKI.

 

PhotoGrid_1376463321194

PhotoGrid_1376463832161

 

Dari seluruh isinya aku paling suka paragraf terakhir yang berbunyi:

“Mohon maaf lahir batin….. Karena maknae memang tercipta untuk selalu menyiksa batin kakak-kakaknya 8′)”

 

Kenapa aku paling suka bagian itu?

 

KARENA ITU SANGAT KIKI SEKALI YA LUHAN OHMYKYU DEMI SELURUH PERSEDIAN TRUK MOLEN DI SELURUH MEDAN!!!!! LAJHDHJABFJAKGFUISHDI

Baiklah. Meskipun begitu aku sangat berterima kasih sekali sama KIKI yang sudah menyempatkan waktunya untuk mencari, menulis dan mengirimkan kartu lebaran yang cantik ini untuk kami semua.

 

brontosaurus

 

 

 

yopiyoll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s