[NOTE] Super Junior in My Perseption ^^

backsound: Promise You – K.R.Y

 

Mungkin aku menulis ini karena aku fans mereka. Mungkin benar. Apa aku bias? Mungkin juga iya. Tapi yang jelas aku cuman ingin menuliskan apa yang ada dipikiranku tentang mereka. Kalau memang ada yang kurang berkenan ya gapapa namanya juga selera. Perspektif orang kan juga berbeda-beda. Suka atau tidak suka itu ya wajar.

Aku yakin untuk saat ini udah banyak yang mengenal Super Junior atau yang sering disingkat suju. Tidak seperti saat 2010 lalu di Surabaya masih sedikit. Apa cuman aku ya yang ga tau hahahaha. Intinya sih sekarang suju sudah makin mendunia udah banyak yang kenal dan juga udah pada ngebedain siapa yang mana.

Buat aku pribadi, suju itu adalah penghibur nomor satu. Dulu aku memang mengenal suju itu ga sengaja. Gara-gara boyband SMASH yang kala itu dihujat habis-habisan di Indonesia yang konon kataya meniru-niru suju. Awalnya karena aku kepo akan SMASH ternyata malah nyasar ke MV Bonamana. Disitulah awalmula aku jadi fans suju. Aku ga berani nyebut ELF karena kadang ada beberapa hal yang memang harus dilakukan kalau mau menyebut diri kita ELF.

Aku cuman fans biasa. Yang kadang juga pernah merasa jenuh, sebel dan sederet kata lainnya. Aku juga suka meng-hina bina suju bila mereka udh ga ketulungan gila nya hahahha. Hei bukankah kalau kita sering menistakan itu artinya adalah tanda sayang?? LOL itu motto Kyuhyun nomer satu. Bias aku. Jangan dilestarikan =_=

Nah seperti halnya suju yang manusia biasa, ya kadang mereka berbuat kesalahan. Kadang kesalahannya itu bikin ilfeel. Bikin nyesek, kecewa, sedih dan lain sebagainya. Sama seperti kita menjalin sebuah hubungan, entah itu, dengan pacar, teman, rekan kerja maupun dengan ortu sekalipun kita akan mengenal yang namanya kompromi. Dimana kekurangan partner kita itu menjadikan pelengkap bagi diri kita sendiri.

Kembali ke fungsi suju di kehidupan aku, mereka itu adalah penghibur ulung. Jaman awal-awal kenal dulu aku sampai gegulingan di depan tv gara-gara liat DVD reshow Full House dan EHB. Padahal itu udah jauh berlalu ketika aku menonton itu. Aku menonton sekitar akhir 2010. Dan reshow itu sebelum tahun 2009 yang pasti karena masih ada Hangeng huhuhuhu.

Super Junior menurutku adalah satu-satunya grup yang dari awal mereka berdiri itu sudah penuh dengan drama. Mulai dari issue grup bongkar pasang, grup sisa proyek TVXQ. Kecelakaan Kyuhyun, bashing yang menimpa Heechul, keluarnya Hangeng dari suju, ancaman pemboikota Henry dan Zhoumi dan sederet kasus lainnya. Sampai K-Netz menyebut suju adalah grup sampah. Grup yang ga bisa ngapa-ngapain selain bikin sensasi di media. Grup yang ga bisa nyanyi, lagu-lagu ga bermutu, dance kacau balau alias ga kompak belum lagi kesukaan mereka mempermalukan diri mereka sendiri di reality show.

Namun seiring berjalannya waktu aku menganggap bahwa itu adalah kekuatan mereka. Aku pribadi berpendapat bahwa dalam hidup itu kita haruslah mempunyai rencana cadangan. Dalam artian jika kamu bekerja di jalur A namun ternyata kemampuanmu tidak terlalu mumpuni, maka carilah jalur lain yang bisa menopangmu untuk tetap bertahan di jalur A meskipun itu harus menggabungkan dari jalur B ataupun jalur C. Dalam hal ini suju melakukannya dengan sangat amat baik.

Aku tidak menutup mata bahwa sebagai seorang idol yang notabenenya bergerak di jalur music dengan packaging sebuah grup yang menggabungkan dance dan lagu jadi satu, suju itu masih jauh kalah sempurna dibanding grup-grup yang lain. Contohlah dibandingkan dengan BigBang dan GDragonnya dalam hal musikalitas ya bisa dibilang GD jauh lebih bisa produktif secara individual untuk bisa membentuk image BigBang. Atau kalau soal kekompakan dance, suju juga masih kalah jauh jika dibandingnya dengan Infinite yang terkenal dengan 99% sinkronisasinya itu.

Tapi kenapa semua orang justru banyak mengenal suju. Tiap kali orang tau KPop semua bilangnya suju. Padahal ya belum tentu yang dilihat itu suju. Tapi banyak yang menggeneralisasikan jika ada grup KPop yang muncul di TV sudah pasti itu suju. Terutama di Indonesia. Disinilah kalo aku bilang, suju adalah satu-satunya grup KPop yang mampu membentuk ‘Brand Image’ mereka di mata masyarakat (Indonesia).

Seperti contoh kasus Aqua dimana setiap kali beli air mineral kita bilangnya beli Aqua padahal belum tentu itu merknya Aqua. Namun di benak setiap orang (Indonesia) ketika ada yang bilang Aqua itu berarti air mineral. Begitu juga sebaliknya. Paham maksudku?? Kkkkk

Kalau dalam teori komunikasi massa nya Laswell ini disebut dengan “Who Says What in What Channel to Whom with What Effect” dalam artian suju adalah grup Kpop yang sudah benar-benar mengerti pangsa pasar mereka dengan sangat baik. Sehingga efek atau feedback yang ditimbulkan oleh khalayak itu sesuai dengan apa yang mereka sampaikan. Kenapa aku merasa jadi bikin latar belakang skripsi ya hahahahaha =_=v

Seperti yang aku bilang di atas, mungkin memang suju itu sebagai idol bisa dibilang lemah dalam bidang musikalitas. Kalau dance aku juga bilang bahwa mereka cukup berhasil namun belum sepenuhnya sempurna ^^  Namun cowok-cowok ini berhasil menutupinya dengan bidang lain. Mereka bisa presenter, MC, DJ radio, actor bahkan musical hingga sitcom. Kesimpulannya suju yang seharusnya berlabel idol dengan perlahan menggeser image mereka menjadi seorang entertainer atau performer. Penampilan mereka di setiap acara itu selalu menarik. Dan itu berlangsung secara konsisten dengan penuh totalitas.

Contohnya, saat awal-awal debut suju sudah berani menampilkan image yang kocak di reshow EHB dan fullhouse. Ga tanggung-tanggung adegan nafas buatan di kolam renang itu cukup bikin merinding hahahaha Ada juga reshow yang menampilkan isi dorm mereka. Hingga bahkan pengakuan kalau mereka memakai bantalan sepatu agar terlihat lebih tinggi. Padahal saat itu penggunaan bantalan sepatu itu masih tabu di kemukakan ke masyarakat, terutama untuk pada idol namun suju melakukannya >o<

Bergeser ke sini, suju bahkan berani untuk membuka masalah oplas. Masalah yang sangat tabu dibuka ke khalayak umum di Korea Selatan. Aku pikir tidak ada grup yang berani membuka pertanyaan ttg apakah mereka harus oplas lipatan mata di reshow. Seperti yang Shindong lakukan. Malahan itu mengundang banyak tawa kkkkk atau Wookie yang kemaren bilang di Sukira apakah dia harus oplas mata karena ukuran matanya ga sama -_- Ya memang evenpun sebelumnya (mungkin) mereka sudah pada “merapikan wajah” aku pikir itu adalah hak asasi manusia untuk melakukan apa yang mereka mau terhadap tubuhnya sendiri. Hanya saja berani mengakui sebagian kecil itu menurutku sudah sangat luar biasa.

Sebagai idola, fans adalah asset nomor satu. Aku berani bilang bahwa tanpa fans aku yakin suju bukan siapa-siapa. Suju itu bisa jadi seperti ini karena fans. Dan ELF aku rasa adalah salah satu fandom paling loyal yang pernah ada. Mendapatkan penggemar itu mudah, namun mempertahankan mereka dan membuat mereka menjadi loyal itu yang tidak mudah.

Sama seperti suju, menjadi ELF itu ya ga gampang. Butuh banyak tempaan batin dan mental serta jam terbang yang tinggi untuk bisa jadi ELF yang mabrur (?) kkkk Aku disini berbicara ELF yang berbudi pekerti luhur ya bukan sassaeng. Ya tidak memungkiri bahwa keberadaan sassaeng itu kadang juga sangat membantu ELF untuk tau berita terbaru suju hanya saja aku tidak akan membahas dimana mereka sampai menyentuh batas maksimal antara penggemar dengan idolanya. Aku ambil hal-hal yang baik saja ^^

Nah kemampuan suju yang bisa menjaga ‘relationship’ dengan penggemar inilah yang aku acungin jempol. Mereka tau bagaimana caranya fanservice dengan sangat amat baik. Kesampingkan rumour yang ada, suju berhasil membuat ELF ini adalah bagian dari kehidupan mereka ^^

Secara tidak langsung mereka membuat ELF masuk ke dalam ‘inner circle’ hidup para member. Membuat ELF merasa tersanjung dan pada akhirnya hubungan kekeluargaan terbentuk dan menjadikan loyalitas itu adalah bagian dari kewajiban. Bukan merupakan unsur paksaan. Dan inilah yang membuat suju ini berbeda dengan grup lainnya.

Tidak memungkiri bahwa untuk sampai di tahun ke delapan mereka bersama itu juga dilalui dengan jatuh bangun. Suju juga pernah mengalami masa-masa sulit dimana banyak sekali ‘ujian’ yang harus mereka hadapi. Baik internal maupun eksternal. Namun seiring dengan bertambahnya umur, kedewasaan juga semakin mempererat hubungan mereka. Bisa dilihat sekarang mereka menjalani pekerjaan dengan jauh lebih enjoy.

Ketika grup-grup lain hanya bertahan dengan satu orang diantara mereka, aku pikir di suju ini semuanya merata. Membuat mereka semakin kuat dan kompak. Hingga pada akhirnya mereka semua bisa multitasking. Bahkan member-member yang dulunya ‘tidak terlihat’ sekarang malah makin bersinar. Dan yah ‘ancaman’ wamil memang sempat menjadi momok utama namun dengan beberapa studi kasus belakangan ini aku pikir semua akan baik-baik saja. Suju akan tetap ada dan eksis LOL bahkan yang di barak pun tetep eksis ohmykyu… xDDD

Buat aku secara pribadi, fanservice yang mereka lakukan itu seperti kejutan manis untuk fans. ya contohnya saat dibandara kemaren. Baru suju yang bisa ngelakuin hal gila kayak gitu. Biarpun banyak yang bilang mereka cari sensasi lah, atau untuk membuktikan diri bahwa mereka tetap terkenal aku tidak peduli. Buat aku itu seperti pesta kecil just suju and ELF. Kalau ada yang ga suka ya sudah minggir aja hahahaha

Sama seperti anggapan mereka buka toko karena mereka sudah tidak terkenal lagi. Aku beranggapan, hei apakah salah kalau orang itu mencari jalan lain untuk bertahan hidup. Sama seperti kita, suju juga punya keluarga. Punya kewajiban yang harus mereka tanggung. Mereka bekerja untuk keluarga. Untuk kehidupan yang lebih baik. Jika memang mereka sudah tidak bisa lagi eksis di dunia hiburan, apa ya salah kalau melihat peluang bisnis yang lain??

Dan dengan begitu aku yakin para ELF sangat senang sekali. Dimana lagi coba bisa nemuin idola KPop mereka dengan cara yang lebih mudah, beradab dan kekeluargaan. Ini adalah sebuah win win solution terbaik menurutku. Dengan adanya café-café itu, fans bisa berkenalan lebih jauh dengan idolanya tanpa harus berstalker-stalker ria. Bisa mengenal keluarga idola seperti keluarga sendiri >3< Bisa berinteraksi langsung, ngobrol, foto bareng, dapet tanda tangan dan yang pasti sang idola sendiripun akan senang. Penghasilan mereka bertambah. Jadi fans senang idolapun senang hahahaha.

Kemudian jangan lupakan devisa Negara. Dengan maraknya Kpop (yah suju punya andil siy ga tau banyak atau sendikit yang pasti punya lol) tentu banyak sekali KPopers yang akan senang hati berkunjung ke Korea. Dan hei aku yakin (90%) café-café anak-anak suju itu menjadi salah satu destinasi utama. Ya walaupun ga ngefans tapi bangga juga kan pernah ke sana😛 tidak usah menyangkal  akupun begitu hahahahaha

Dengan begitu bertemu dengan suju bukan lagi hal yang mustahil jika berkunjung ke Seoul ^^ Tempat nongkrongnya banyak, mulai dari MoBit, sukira, TLJ,Kona Beans dan Twosome kkkkk ga dijanjikan ketemu hanya saja peluangnya jauh lebih banyak disbanding jika kamu ngefans dengan idola lain. Mau ketemu dimana -_- paling juga nongkrong depan pintu SM atau stalker di jalanan >o<  Jadi bersyukurlah jika kamu menjadi ELF atau fans suju, idola kalian sama ‘gaul’ nya dengan kalian kkkkk

Salah satu hal yan juga dibenci netizen dari suju adalah kadar ke-eksis-an mereka yang diluar batas hahahaha. Mereka eksis dimana-mana. Update selca, update video, muncul di reshow, red carpet, super show dll. Anehnya aku merasa senang. Yah meskipun kadang sempet eneg juga siy lihatnya tapi ya itu salah satu cara mereka untuk menanamkan brand image di mata masyarakat. Lambat laun ELF juga terbiasa dan mereka menjadi lebih dewasa juga menyikapinya ^^

Sejauh ini aku ga menyesal jadi fans nya suju. Sama suju sama-sama belajar dewasa. Karena aku dan Kyuhyun seumuran kkkkkkk Sama-sama belajar untuk mengatasi masalah, menghadapi kritik, bekerja keras, kompromi dengan keadaan, bersikap professional, mengerjakan segala sesuatunya dengan penuh totalitas, berpikir kedepan, pantang menyerah, belajar dari kesalahan, bersenang-senang dengan teman dan yang pasti terbiasa menabung untuk beli tiket konser MUAHAHAHAAHAHHA *gegulingan galau*

Hanya saja seperti kata Heechul oppa meskipun mereka itu hidup dari kalian para fans, ingatlah bahwa mereka itu tidak bertanggung jawab sedikitpun terhadap masa depan kalian. Jadi pilah-pilah lah denga baik hubungan atara idola dengan fans. Tetaplah mempunyai skala prioritas untuk hidup kalian masing-masing. Mereka akan jauh lebih senang mendengar kalau kalian sukses gara-gara terinspirasi mereka bukan kalian jadi tidak bermasa depan hanya gara-gara terlalu ngefans dengan mereka :”))

have a nice Wednesday ELF^^

XOXO

we always together ^^
we always together ^^

 

11 pemikiran pada “[NOTE] Super Junior in My Perseption ^^

  1. jujur aku speechless kak, nggak tau mau komen apa lagi,
    semua yang dipaparkan kakak samaan aja kayak yang ada diotakku
    aduh galau yesung wamil lagi deh *minum paramex*
    pokoknya aku SESUJU dengan semua pernyataan kakak disini ^o^////*
    btw re-blog boleh?😀

  2. AAAAAAAAKKKKK! I LOVE THIS POST!
    AAAAAAAKKKK *guling-guling* *Suju stand*

    Iyaaa ini kayak yang sempet kita bahas waktu itu huhuhu ;’)
    Mereka itu entertainer sejati, multitalent malah menurutku, dan ikatan mereka dengan ELF sangat kuat. Mereka tahu cara menghibur penggemarnya dan membuat penggemarnya loyal sama mereka.
    Ikatan itu melampaui kejeniusan dalam musik ;3

    Hard work beats talent when talent doesn’t work hard :’) Kerja keras Suju membuktikannya. Mereka memang bukan jenius bermusik, namun kerja keras mereka selama ini berhasil membuat Suju mendunia. :’)

    dan bagiku, Suju itu penghibur nomor satu :’)
    I LOVE THEM MUCH
    *pelukan sama Donghae* *elap airmata*

    1. hahahaha terima kasih kakak pertama *nangis haru* *pekukan sama kyu* iyaaaaa ituuuuu emang semua kerja keras di dunia ini tuh ga ada yang TIDAK MEMBUAHKAN HASIL >< even butuh waktu namun semuanya pasti akan ada hasilnya :"))) sama kayak suju kita juga jangan menyerah da tetap semangat ^.^9 yeah!!!!

  3. kyaaaa…apa ini ?
    Saya gak tau mau ngmomong apa, tapi saya gatel pengen komen #eh..
    Bener sih emg kalo musikalitas SUJU itu kurang dibanding Bigbang, trutama GD yang emang jago bkin lagu yang bahkan lagunya bisa all-kill sampai perfect all-kill,

    dan bener juga kalo dancenya anak” suju gak bisa seperfect anak” infinite 90% sinkronisasi, bhkan wlopun ada scorpion dancenya, dan oppadeul suju jgn coba” ikut” scorpion dance.nya infinite, saya takut reumatiknya kumat #plakk, fans macam apa ini ?
    Cuma wlopun gitu, di mata orang awam yang buta dance kaya saya, dancenya suju itu udah menarik kok, beneran, ngatur member sebanyak itu buat ngedance breng”kan susah ya #sotoy, tapi suju ttp bisa wlopun kdang ada salah”nya juga.. ^^v

    dan itu netizen, rempong amat ya, suju ngeksis mulu upload” foto, video, dll itu soalnya suju sayang ama netizen,fans, dan mungkin hater, klo suju gak upload” begituan kan netizen,fans,sama hater jadi g ada yg diomongin, jdi g ada kerjaan, bisa berakibat galau berkepanjangan buat fans + netizen apalagi buat hater..wkwkwk

    1. nambahin komen ^^v
      SUJU hwaiting !!!
      SUJU jjang !!!
      Kalian mungkin bukan yang terbaik bagi mreka, tapi kalian terbaik bagi saya walopun kadang saya juga lirik” BB tetangga..#plakkk tapi kalian ttp #1🙂

      1. kkkk iyaaaa aku juga merasakan hal yang sama makanya juga gatel pengen nulis ini wkwkwwkwwk xDDD

        benaarrr suju still number 1 >< aku gagal move on terus even udah lirik sana sini balik nya lagi2 sama kyu, ga tau udah kena imprint ;;___;;

        makasiy ya udah komen ^^

  4. Kyaaaaa setuju sama postingannya.
    Setiap grup pasti punya kekurangan,begitu jg dgn suju.
    Tp dgn kekurangan mereka,aku jd tambah sayang sama oppadeul ^^
    Haters dan semacamnya hanyalah pelengkap,justru mereka yg buat aku jd tambah sayang sama suju.Walaupun sering kesel jg sama haters.
    Perna lirik2 grup lain jg,tp ttp aja baliknya ke super junior. *malah curhat* ^^

  5. sampai nangis baca ini coz ingat pengalaman2 lucu semenjak jadi ELF…. kita tumbuh dewasa bersama…biarpun sekarang mulai melirik yg muda (Baekhyun) tetapi yang di hati dan bisa menguras isi dompet cuma Suju oppadeul semata….. Proud to be ELF… Banyak makna hidup yg sy dapat setiap membaca kembali kisah2 perjalanan karier suju… Jadi ingat dulu klu udah malas ngampus tiba2 keingat jangat malas suju oppadeul saja jadwalnya banyak tp bisa dihadiri semua… itu yang bikin saya terinspirasi dr mereka…profesionalitas dan kerja keras… kerja kerasnya yah bekerja untuk cari uang tiket nonton Super Show…hahahahaha….

Tinggalkan Balasan

